Mozaik dari negeri belanda (Keindahan dan Riset Mutakhir)



Teman – teman sekalian, saya akan mengajak anda melirik mozaik – mozaik dari negeri belanda, negeri yang konon memiliki banyak kincir angin yang tersebar dibeberapa bagian di Negara tersebut. Mozaik keindahannya dan juga riset – risetnya. Saya akan membawa anda berputar – putar dan berpindah dari satu kawasan ke kawasan lainnya secara acak.

Kita mulai perjalanan kita dari salah satu kawasan bernama Kinderjik yaitu kawasan yang memiliki 19 kincir angin. Kita bisa menjelajahi kawasan ini menggunakan sepeda sambil menikmati pemandangan menawan di sekitarnya, merekam setiap putaran kincir yang spektakuler yang jarang kita saksikan.

Selanjutnya kita beralih melirik kemegahan gedung – gedung museum yang tersebar dalam jumlah besar dengan beragam jenis dan fungsi masing – masing. Sebagai contoh ada satu museum maritim yang mengoleksi boat dalam jumlah besar, museum tulip, coffee and tea museum, fluorescent art museum yang merupakan museum seni dengan material – material bersinar di dalamnya, museum Van Gogh yang berisi ratusan lukisannya , serta ragam museum lainnya yang sungguh spektakuler. Tak hanya dari isi namun juga dari segi bangunannya yang sungguh memukau.

saat menjelajahi Amsterdam, maka sepeda adalah salah satu sarana transportasi yang bisa kita manfaatkan selama membelah panorama dan keunikan kota tersebut. Tak perlu cemas harus membawa sepeda dari Negara asal kita karena di sana tersedia sekitar 600 hingga 700 ribu sepeda, yang bisa di sewa pada beberapa penyedia fasilitas rental. Kawasan Amsterdam sendiri memiliki jarak maksimum dari pusat kota berkisar 5 kilometer saja, jadi tentu saja bersepeda adalah salah satu alternatif yang menguntungkan selain bisa menyehatkan juga bebas polusi. Apalagi saat musim semi tiba, bunga – bunga bermekaran begitu indahnya dalam warna – warni yang mampu menjadikan mata tertawan akan keindahannya saat melintasi rute – rute indah.

Selain bersepeda tersedia juga alternative lain untuk menikmati keelokan negeri kincir angin ini, Ada kawasan yang rutenya memang dilalui pejalan kaki. Menapaki belanda dengan merasakan langsung pijakan – demi pijakan di atas tanah. Saat matahari bersinar pejalan kaki bisa menyantap keindahan pantai bersama keluarga ataupun kerabat. Merasakan sapaan pasir – pasir, juga bagaimana ramahnya matahari yang bertengger diatap langit, serta lalu lalang angin sejuk yang melepaskan satu persatu lelahdan tentu saja menikmati percikan – percikan air.

Bagi pecinta tulip Kita bisa singgah di Keukenhof, suatu kawasan yang memang memiliki taman cantik berhias tulip dengan kreasi taman yang begitu unik. Untuk menikmati perjalanan melalui pelayaran yang menyenangkan kita bisa melirik Utrecth sambil menikmati suguhan teater. Selain itu, Belanda juga terkenal dengan jembatan – jembatan yang cantik serta keju.

Nah, sekarang kita beralih melirik teknologi dan riset yang berkembang di Belanda. Salah satu universitas teknologi di sana yaitu Delft University of technology memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam rangka mengembangkan kendaraan elektrik. Tak hanya mobil saja, namun juga sepeda motor/skuter. Kendaraan elektrik hanya menghabiskan setengah bahan bakar dibandingkan kendaraan konvensional . kendaraan jenis ini menggunakan lithium-ion baterai. Mereka mencoba mengembangkan teknologi untuk mempercepat waktu pengisian baterai, mengurangi berat baterai, meningkatkan kapasitas dan juga keamanan baterai.

Untuk Pengembangan biofuel yaitu pengganti solar dan bensin yang berasal dari bahan nabati, umumnya diproduksi dari serat tanaman dan alga sehingga tidak mengganggu stabilitas pangan di Belanda. Biofuel  ini juga diproduksi dari limbah kayu atau limbah pabrik dengan memanfaatkan beberapa bakteri yang mampu mengkonversi gula menjadi bioetanol. sebagai tambahan ,belanda telah menggunakan biofuel ini pada maskapai penerbangannya, KLM. pada  ujicoba perdana ini menggunakan perbandingan biofuel dan kerosin 50 : 50 dan dimaksudkan agar bisa mengurangi emisi CO2 di iudara.

Untuk produksi biofuel ini sepertinya kita memang harus belajar banyak karena sebagian besar riset di Indonesia masih memanfaatkan bahan alam yang umumnya merupakan bahan pangan, meski tercatat beberapa yang non pangan.  Pemanfaatan limbah dengan bantuan mikroorganisme menjadi bioplastik  yang bersifat biodegradable juga dikembangkan disana. plastik biodegradable adalah plastik yang gampang di uraikan mikroorganisme, sehingga bisa mengurangi jumlah limbah plastik (riset di indonesia juga mulai melirik tema ini).

Selain itu, ada juga pemanfaatan sumber air bawah tanah yang dapat digunakan untuk menghasilkan energy panas bumi disekitar kawasan universitas. Proyek energi panas bumi ini melibatkan mahasiswa dan peneliti lainnya.  riset – riset ini hanya dari satu universitas saja dan inipun belum mencakup keseluruhan riset disana,masih banyak riset mutakhir lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan masih dalam tahap pengembangan.

referensi tulisan dan gambar :
http://www.holland.com/
http://www.keukonhof.nl/

http://www.tudelft.nl/

http://bataviase.co.id/

Banda Aceh, 26 April 2010

Iklan

85 responses to “Mozaik dari negeri belanda (Keindahan dan Riset Mutakhir)

  1. mbak karni rokhan

    Woww….Indaaaahh…menakjubkan..apalg buat saya yg ga pernah kemana – mana gini..paling interest ma tulipnya…wow !….makasih ya infonya..

  2. ikutan kontes juga ya? keren artikelnya..

    Sukses ya.. 🙂

  3. so beutiful…. sukses ya dek!

  4. Gambarnya bagus2,,,,apalagi dengan bungannya….

  5. Belanda yg negaranya kecil dan berada di bwh permukaan laut aja bsa bgitu maju dan indahnya, iptek emang memang memajukan segalanya.

  6. Blognya BAGUS!
    Gambarnya KEREN! :)))

  7. wah
    smoga sukses yaw
    kontesnya
    agar bisa ke belanda gratis hehehhehe
    mangtabbb
    😀

  8. sip-sip-sip..
    moga sukses

  9. Subhanallah…..
    Indaaaaahhh,…..
    (Refreshing sejenak di tengah kesibukan 😀 )

    Berniat mampir di sana, segera.. Aamiin Ya Rabb.. 🙂

    Terima kasih telah berbagi keindahan yang menyegarkan ya Ukhty,,

  10. Kereeennnnn…..kapan ya bisa kesana? *impian.com*

  11. postingan itu ikutan kontes apa..???

    picnya indah banget seh….. jadi pengen kesana…. tapi cuma mimpi kaleee yeeee

  12. keren..keren..keren..
    sukses ya mbak…
    pengen ngerasain naik perahu di sungai yg bening itu, sambil metik sekuntum tulipnya… hehehe

  13. kalo aku dah sering naik perahu kecil kek gitu disungai,namanya ketinting,tapi sungainya kotor pake banget

  14. kebun tulipnya keren…:)
    pasti betah kali ya browsing disitu seharian.. 😀
    kunjungan pertama juga mba..:)

  15. serasa jalan2 di Belanda. bagus, Lia! 🙂

  16. Keren….good luck , Lia .

  17. Betapa indah, asri dan modern, pingin rasanya walau sesaat mampir disana 🙂

  18. good post! moga2 menang yah dan jalan2 ke belanda ikutan summer course 😀

  19. wow! nice blog! love it v-much! Mau banget ke belandaaaaaaaaaa… tapi maunay gratiiiisssss heee…
    kapan yah indonesia punya pemandangan macam itu. T.T
    makasih postingannya!!! ^^

  20. waaaaaaaaaaaaaaaa.. indahnyaaa..

  21. Wah kalau aku bisa ke sana aku pengin ke pantainya…*paling suka sama pantai

  22. banyak gambar-gambar yang serasa asing namun sangat mempesona

  23. waaawww…
    Pemandangannya indah bgt…
    Udah gitu bersih lagi..

  24. ni sobat yang paleng rajin ikut festival nulis..
    tetap semangat… semoga menjadi kampiyun..
    salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  25. wow..penjajah menir, aku rindu mau ke sana lagi

  26. Semoga menang.. saya mau ikutan juga 🙂

  27. Ping-balik: Tweets that mention Mozaik dari negeri belanda (Keindahan dan Riset Mutakhir) « potongan hidup dan mimpi -- Topsy.com

  28. it’s so pretty 😀
    thx for sharing mbak shafiraa

    salam dari blog ger abormal

  29. wouw!
    subhanallaah..

    Keren Fir…
    keren banget….

  30. very nice, especially those pictures 🙂

  31. Subhanallah…. QK tertarik dengan bunga tulipnya :mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

  32. Pengen maen kesana.. Ajakin yach yach yach…..
    Pengen maen ke pantainya. Keren klo bisa maen kesana.

  33. negeri yang sangat indah, kapan ya negara kita bisa seperti itu

  34. Hmmm…
    Btw, kalau menang, akankah kau mengajakku ke sana?

    *ngarep*

    😛

  35. Mantab … memang belanda gak akan pernah kehabisan akal dalam berinovasi …
    Bayangkan aja, mereka bisa mengubah air disekeliling mereka menjadi sangat bermanfaat , mengubah angin menjadi tenaga listrik , dan bahkan menciptakan kapal perang modern/

    salam kenal,
    Erin

  36. Maaf untuk berpisah

  37. boleh mampir lagi gak mbak shafirah
    XD

    salam
    dari blogger abnormal

  38. subhanalah.. indahnya…. semoga indonesia bisa mencontoh keindahan dan ilmu yang sudah diterapkan disana untuk diterapkan di sini.. amin.. 😀

  39. belanda emang keren, ya mas… 🙂

    sukses ya dengan kontesnya.. 🙂

    moga kita menang barengan..hehehe 😀

  40. Mas…ha, waw inikah negri penjajah itu….

  41. As you have a blog about sharing was very nice.
    I host it and different places in search of an active subject.
    I thank you for information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s