masa – masa miskin ide

Ideku lenyap…atau lebih tepatnya otak kanan sedang memilih istirahat. Deadline malam ini batal total. Tak ada tulisan  yang rampung. Yah sebagai  pengobat tulisan inilah yang lahir. Setidaknya saya merasakan apa – apa yang dirasakan beberapa sahabat yang gemar menggerakkan jemari hingga lahir abjad – abjad elok dalam rangkaian kata penuh makna, ataupun gelak tawa yaitu : kehilangan ide.

Beberapa kali menemukan lomba dengan deadline rapat – rapat lalu memaksakan juga si otak ini bekerja, n then setelah tulisan tersebut saya lemparkan ke alamat – alamat penyelenggara  ternyata saya menemukan kehambaran atas tulisan saya. Dan ini baru saya sadari beberapa hari ataupun beberapa minggu setelah membaca ulang naskah di sela – sela rutinitas sebagai mahasiswa akhir. Saya menemukan Suatu hal yang sangat bertolak belakang dengan apa yang sudah saya peroleh mengenai kiat – kiat menghasilkan tulisan yang menarik dan renyah dikonsumsi . Beberapa tulisan tersebut cenderung kaku dan memang terkesan tanpa kerjasama yang beres anatara otak kiri dan kanan. Justru yang menonjol adalah hasil  si otak kiri sedangkan otak kanan si sarang ide kesannya hanya bekerja tiga puluh persen saja. Kacau!!!

saat ini Deadline sebuah tulisan sudah di ambang pintu dan harus dikelarkan sedangkan ide di kepala juga enggan lahir, saya merasa terbeban dengan deadline yang rapat – rapat seperti ini (untuk saat ini). Ditambah lagi tema tulisan yang disyaratkan mengharuskan  memutar kepala baik – baik tak peduli jatuh pada sudut apa.

Malam ini setelah memutar otak dari jam 11-an akhirnya ide yang saya paksakan keluar untuk menyelesaikan sebuah lomba besar, deadline besar itu ternyata kandas, benar – benar kandas. Sudah berualang kali merevisi tulisan tersebut dan saya masih belum menemukan kenikmatan apapun dengan tulisan tersebut. Berulang kali mengintip karya peserta lainnya juga tidak menimbulkan  ide untuk lebih membumbui tulisan tersebut. Hingga akhirnya tulisan itu beserta referensi yang sudah diprint tadi siang saya diamkan.  saya yakin suatu saat nanti akan bemanfaat. Ya, seingat saya banyak penulis besar yang mampu melahirkan karya  dari catatan – catatan kecilnya yang selanjutnya di kemudian hari dirangkai menjadi satu jalinan antara satu catatan dengan catatan lainnya.

lagipula lomba tersebut saya temukan mendadak dan terpaksa meletakkannya di antara jadwal – jadwal lomba yang sudah di setting di awal bulan untuk di ikuti. lomba yang dikabarkan seorang senior saat sedang menyusun draft cerita panjang untuk lomba besar beberapa bulan lagi ( semoga selesai tepat waktu 😀 ), saat saya masih mencari – cari lokasi yang cocok untuk cerita tersebut. no problemlah, yang penting inti awalnya sudah ketemu. referensi sudah membludak tinggal diolah saja dan dirampungkan menjadi beberapa kisah…(do’akan saya)

Ok..Selamat menulis, selamat berbagi, karena berbagi itu indah dan  berbagi tidak akan menjadikan kita melarat (syaratnya : rela).

(nah , ada juga tulisan yang jadi, biarkan si otak kanan yang memimpin)

Banda Aceh, 4.22 pagi di layar laptop.

*sunyi*

Iklan

19 responses to “masa – masa miskin ide

  1. =)
    semngat yah kak…
    hehehe
    jangan mudah menyerah itu kuncinya 🙂

    salam
    dari blogger abnormal

  2. sumangaik!
    (semangadh!)
    kawan…..

    heeee…^^

  3. kalau saya sih nyantai aja… yang penting enjoy…

  4. Masak Lini kok kekurangan ide? Gak percaya ah… Justru kebanyakan ide kali?…berjubel, bingung milihnya. Biasa kadang memang ada mas2 stagnant….
    Eh, di Aceh ya Lin?

  5. waduuuuhhh….salah, maaf deh ….kabuuuurrrr,….malu deh !

  6. semangat menulisnya….
    memang benar…bagi penulis, pasti pernah merasakn masa – masa miskin ide

  7. Wah…miskin ide tapi tulisannya lumayan panjang ya……..semoga idenya segera mampir…

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/26/tragedi-taksaka/

  8. Semoga sukses dech ya 😉

    HIDUP!!! ^_^

  9. Kalo lelah, istirahat dulu…
    Btw, Mbak penulis ya ? Di media gitu ?
    Hebat Mbak…!!
    Kunjungan balik nih, makasih ya udah mampir ke blog saya…. 🙂

  10. salam kenal…
    saya malahan timbul ide biasanya pas udah kefefettt … tapi sering jadinya konyol hehe..
    mungkin bisa nyari inspirasi sambil refreshing .. ntah jalan puter kota, tmpt wisata, mall… atau panti asuhan misalnya ..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s