berbaiksangkalah dan jangan pernah menyerah pada keadaan

Sunday, July 5, 2009 at 11:22am
1 am minggu menjelang pagi
setelah deep thinking…
sebuah kisah yang semoga benar2 bisa membawa manfaat….

Segala cinta yang tertuang dari langit benar2 mengajarkan bagaimana hidup harus terus berlangsung dengan mematri cinta untuk Yang Memiliki Cinta…..karena kehidupan tak kan pernah berarti jika kita tak pernah bisa meneguk nikmatnya cinta untuk –Nya….dan benar2,saat kita mau bersyukur disaat itulah kita benar2 menjadi kaya dan puas.

disebuah kota gersang nan berpolusi
Dengan ditemani nyanyian malam yang terbentur bebatuan bisu, kembali terlintas segenap kepedihan, atau apapun lah istilahnya yang berhujung dengan kebahagiaan berbalur syukur yang membahana keseluruh jagad raya. Bagaimana tidak, berulang kali ku diuji dengan ujian yang bertemakan sama ‘sebuah pengorbanan untuk seorang sahabat, saudara, bahkan teman biasa’ namun berhujung dan dirapel oleh Yang Maha Kuasa dengan kado yang benar2 istemewa….

Tahun 2004-2005 awal
Petaka tsunami bukanlah hanya bagi mereka yang mengalami dan merasakan kehilangan yang sangat mendalam, namun juga jelas2 bagi jiwa dan ragaku yang terancam nyaris gagal kuliah diluar langsa…keluarga besar sangat mewanti2 utnuk tidak menginjakkan kaki diibukota Nanggroe aceh Darussalam yang memiliki kota pelajar yang memang menjadi incaran utama untuk melanjutkan pendidikan..

Namun sececercah harapan perlahan hadir ditengah kemaraunya hati yang juga berhias kegalauan menghadapi ujian UAN yang menyeramkan dan hampir membuat ku gila, pamanku yang seumur 21 tahun ini baru sekali kutatap ,kabarnya akan dipindah tugaskan keBanda Aceh.dan beliau pun dengan senang hati menawarkanku untuk tinggal bersamanya disana..lalu apa yang terjadi???? Alhamdulillah ibu n kakak2 ku setuju, dengan alas an pamanku tersebut..
tak lama berselang , dan akupun sudah bermimpi akan bisa sekolah diluar kota kelahiranku-padahal aku terkenal ank rumahannya dan gak bakalan mungkin dikasih izin keluar kemana2-,bahkan sudah memasang planning n strategi untuk belajar ekstra, tiba2 harus merasakan tusukan nan menghujam…TIDAK JADI PINDAH TUGAS…..oh my Lord..dunia seakan runtuh…namun apa daya aku hanya seorang makhluk….

Kepedihan tak hanya berakhir disudut tersebut, saat undangan masuk pergurun tinggi ditawarkan dari kelas ke kelas dan diprioritaskan yang juara pertama, dunia benar2 terasa runtuh untuk yang kedua kalinya,,,, bahkan disaat formulir sudah dikumpulkan kembali seakan2 jiwa ku terasa sesak dan seluruh tembok menghimpit ragaku…yang diprioritaskan adalah anak2 yang utama…maksudnya yang memiliki koneksi dengan guru….bahkan dengan mata terpicing pun aku tidak dilihat oleh orang2 disitu…ah sudahlah lupakan saja,,hidup terus bergulir,,,,,tak usah terlalu dipikirkan,,,..dan ternyata…..selang satu bulan kemudian Allah merapel semua kepedihanku…
Dari sekian banyak anak2 pintar yang mendaftar keberbagai universitas ternyata aku dinyatakan lulus,,-yang sama sekali tidak pernah dianggap ada- bahkan mengalahkan mereka yang pernah duduk sebagai juara umum…Alhamdulillah…akhirny

a aku bisa melepaskan diri dari kota kelahiranku untuk mengambil pelajaran dari luar sana..karen ahidup bukan hanya seperti katak dalam tempurung………hal ini mungkin karena dalam formulir tersebut aku tuliskan bahwa aku pernah mewakili sekolah untuk sebuah olimpiade ditingkat provinsi yang berkaitan dengan jurusan yang ingin kuambil. Nah , engenai olimpiade ini aku juga punya kisah mengharukan. Matapelajaran yang paling kugemari adalah kimia, dimana setiap kali guru menjelaskan ibaratnya kepalaku ini langsung merekam semua perkataannya tanpa harus menulis lagi didalam buku catatan.
Bahkan saat soal rebutan dilayangkan kepada siswa2nya, begitu soal selesai ditulis, selang beberapa sat kemudian aku langsung bisa menyelesaikannya. But what happen??lagi2 aku tidak dianggap ada…… nilaiku bahkan jauh dibawah harapan dan nilai orang2 yang selama ini bersender disamping ku dengan santainya tanpa usaha ekstra jauh berada diatasku.. yah sudahlah akua selalu berfikir , ‘Rezeki Allah tidak akan pernah salah alamat’.dan ternyata saat aku mengikuti oimpiade,-yang bahkan oleh guru2 aku hanya dijadikan cadangan karena tidak ada yang tertarik mengikuti olimpiade dengan big=dang kimia tersebut- akupun terpilih mewakili kota kelahiranku untuk bertempur ditingkat yang lebih tinggi. Allahuakbar, lagi2 Allah merapel semuanya….

Dan ditahun 2009 ni,
benar2 Dia menunjukkan cintanya dengan menguji kesabaranku. Dimulai saat kebingunganku memilih lokasi kerja praktek. Berulangkali rancangan lokasi yang sudah diset sedemikian rupa harus dibatalkan, mengingat dan menimbang beberapa hal, akhirnya semua rencana dibatalkan begitu saja. Kebingungan pun melanda langit jiwaku, sampai akhirnya seseorang menawarkan untuk memaukkan lamaran Kpku keperusahaan yang ckup terkenal diNanggroe aceh Darussalam, dan hasilnya diterima, meski sempat stress berat Karena tak seorangpun yang bersedia ikut, dengan alasan lebih memilih diluar aceh, namun Allah tetap menunjukkan kasih sayangnya, hingga akhirnya aku menemukan rekan yang mau ikut serta kesana secara tidak disengaja.

Dan apa lagi yang terjadi, saat pemlihan judul terjadi…….aku termasuk yang paling terakhir menetapkan judul yang ingin kuambil, sampai2 judul yang sudah kuancang2 akan kuambil ternyata semuanya telah diambil oleh rekanku,syok berat, tentu saja!! Sedih dan segala rasa yang benar2 enghujam mengalir begitu saja, karena semua judul tersebut sudah kupilih jauh2 hari sebelum mereka ingin inkut kp bersamaku.. dan lagi2 ku hibur diriku sendiri ‘rezeki Allah tidak akan pernah salah alamat, mungkin mereka yang lebih pantas menjalani apa yg mereka pilih tersebut’ dan satu lagi masalah rumah, kebingngan mulai merayap karena aku satu2nya yang bukan penduduk asli dilokasi kp yang kupilih, dan untuk tinggal bersama rekan2 kpku adlah hal yang sulit Karena lokasi kediaman mereka yang letaknya tidak begitu dekat dengan lokasi pabrik. Dan hasilnya ..Allahuakbar, seorang senior berbaik hati mencarikanku kos2an n dengan bantuan orang yang sama sekali belum pernah kukenal, bahkan dengan sangat bersusah payah . Alhamdulillah semoga segala kebaikan mereka mendapat balasan yang lebih baik.

Kembali lagi kejudul yang kuambil, ternyata judul tersebut tidak memiliki kerumitan tingkat tinggi, bahkan benar2 mudah untuk diselesaikan, berbeda dengan judu2 yang semula inginku ambil namun sudah terlebih dulu diambil oleh rekan2ku….
Allahuakbar ,,,,,,kembali kualami kemudahan dibalik kesusahan,,,saat seminar akan berlangsung dan dosen pembahas yang ditawarkan memiliki kualitas tinggi dan embel2 agak susah pertanyaannya. Namun entah mengapa tak ada sedikitpun rasa takut didalam hatiku karena aku yakin cobaan, rezeki tidak akan pernah salah alamat..dan Allahlah yang lebih mengetahui bagaimana yang terbaik bagi hambanya…… n then???? Presentasi tanpa rasa takut…..n Alhamdulillah semua nya berlalu begitu saja seperti air yang mengalir, namun tetap dengan karng2 kecil hingga akhirnya aku memperoleh nilai yang kuincar, walaupun semula hal tersebut benar2 tidak mungkin…

Untuk hal ini aku punya rahasia….”BACALAH SURAH Ar-RAhman setiap harinya ,bahkan jika perlu setiap dalam perjalanan atau saat otak sedang mengalai kebuntuan….InsyaAllah Allah akan meneduhkan pikiran dan menenangkan batin…., Satu lagi do’a rabitah yang berada dipenghujung alma’tsurat sambil membayangkan wajah2 dosen yang akan kuhadapi’’ (Catatan: buan hanya sekali dua kali kemudahan terjadi, namun berulang kali bahkan tidak disanggka2)
Dan terakhir kutuliskan…..bahwa segala kemudahan , kesulitan bahagia dan segala rasa yang tak tertuliskan semaunya bermula dari-Nya…dan benar2 kembali kepada-Nya..tak ada yang perlu diirikan dari sebuah rezeki yang ditujukan untuk orang lain karena setiap orang sudah memiliki bagian masing2……

Semog bisa bermanfaat..
Dedicated to mereka yang sedang dalam proses dan akan menghadapi seminar maupun final…….
Tetap semangat rezeki Allah tidak akan salah alamat… ikhtiar dan do’a sejalan adanya…….karena Allah benar2 mencintai hamba-Nya…dan apapun yang menimpa kita sesungguhnya itu adalh pilihan khusus dari-Nya untuk kita jalani……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s